Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim menghadiri kegiatan Forum Grup Discussion Bintari Bina Karta Lestari Foundation

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim menghadiri kegiatan Forum Grup Discussion Bintari Bina Karta Lestari Foundation

Rabu (27/11) Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim menghadiri kegiatan Forum Grup Discussion Bintari (Bina Karta Lestari) Foundation menjadi narasumber ditemani oleh Muhammad Nurhadi dari Bintari dengan tema diskusi FGD Alternatif Kebijakan untuk Meningkatkan Daur Ulang Sampah yang diselenggarakan di HOM Hotel Semarang. Turut hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota semarang Sapto Adi Sugihartono, Direktur Pelaksana Bina Karta Lestari (Bintari) Kota Semarang Feri Prihantoro, Lektor & Dosen Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Rukuh Setiadi, Chief Executive Officer Sampahmuda Reanes Putra Tito Magarwi serta perwakilan dari Coca-cola, Indofood dan Marimas.

Muhammad Nurhadi mengatakan tujuan Bintari dalam meningkatkan kapasitas daur ulang sampah sudah dilakukan dengan maksimal, salah satunya melalui bank sampah. Saat ini Bank Sampah sendiri telah menjadi salah satu strategi utama pemerintah Kota Semarang untuk mendorong pengurangan sampah, namun kajian dari Bintari menunjukkan kontribusi Bank Sampah dalam pengurangan timbulan sampah di Kota Semarang masih sangat rendah yaitu 0,18% dari total timbulan sampah sebesar 1.200 Ton/hari. Adanya FGD ini diharapkan dapat mengedukasi pengurus Bank Sampah lain serta nasabahnya untuk dapat menentukan pilihan dalam pengelolaan dan pengembangan Bank Sampahnya agar lebih baik dan lebih menguntungkan berdasarkan kondisi dan karakteristik nasabah serta wilayahnya masing-masing.

Mualim menghimbau Pemerintah Kota Semarang untuk cekatan dalam menanggulangi permasalahan sampah, terutama di TPS Jatibarang. Ia juga menghimbau masyarakat untuk dapat menerapkan gerakan pilah sampah dari rumah dengan memilah sampah yang akan didaur ulang ataupun yang langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir. Apabila daur ulang sampah yang mempunyai nilai ekonomis dilakukan dengan benar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Ia mengatakan bahwa DPRD Kota Semarang bersama Pemerintah Kota Semarang mendukung penuh kegiatan dan kebijakan Bintari Foundation untuk meningkatkan daur ulang sampah.

Post Terkait