Sosialisasi Raperda Inisiatif “Pengarustamaan Gender” di Kelurahan Kembangarum

Sosialisasi Raperda Inisiatif “Pengarustamaan Gender” di Kelurahan Kembangarum

Senin (2/3) Anggota DPRD Kota Semarang Fajar Rinawan Sitorus menjadi narasumber di sosialisasi Raperda Inisiatif “Pengarustamaan Gender” bersama Kepala DP3A Muhammad Khadik, dan Sekretaris Kecamatan Semarang Barat Pranyoto. Bertempat di kantor Kelurahan Kembangarum, hadir pula Lurah Kembangarum beserta jajarannya serta warga Kelurahan Kembangarum.
Fajar mengatakan bahwa pada dasarnya setiap manusia memiliki hak asasi manusia yang sama. Ia menegaskan bahwa muara dari seluruh sosialisasi dan raperda ini adalah adanya kesetaraan, karena sebagian masyarakat di Indonesia masih memiliki budaya patriarki yang mana mendiskreditkan kaum perempuan, misal “perempuan tidak perlu sekolah tinggi toh nantinya menjadi ibu rumah tangga”. Untuk itu pengarusutamaan gender bertujuan melindungi dan menyetarakan hak perempuan untuk memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki.
Menurut Kepala DP3A Muhammad Khadik, Index Pembangunan Gender (IPG) merupakan komitmen pelaksanaan dibidang gender, selain itu tolak ukur keberhasilan pembangunan suatu negara juga dinilai dari kesenjangan gender. Perempuan berhak memiliki kesempatan dan pemberian partisipasi yang sama dalam pengambilan kebijakan dengan laki-laki. Ia menjelaskan perlunya dan pentingnya sosialisasi dan raperda ini guna melindungi hak-hak kaum perempuan yang sampai sekarang masih termarginalkan dan selalu berada di posisi yang kurang menguntungkan.

Post Terkait