Rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Kota Semarang dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang

Rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Kota Semarang dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang

Senin (20/7) rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Kota Semarang dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang tentang relokasi/refocusing anggaran dan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat di era pandemik. Tapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Komisi D Anang Budi Utomo didampingi Anggota Komisi D Siffin Almufti, Rohaini, Abdul Majid, dan Umi Surotud Diniyah. Hadir pula dalam rapat tersebut Plt. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang Sinung Djatmika Utama beserta jajarannya.

Dalam paparannya Sinung mengatakan dengan adanya webinar yang diselenggarakan Arsip Nasional RI menjadi panduan untuk melaksanakan tahapan penyelamatan arsip penanganan Covid-19. Kegiatan pengarsipan siklus pemerintahan selama pandemi berlangsung yang awalnya menggunakan arsip konvensional menjadi e-arsip. Arsip menjadi tulang punggung bagi OPD, karena peran arsip dalam reformasi birokrasi adalah membangun sebuah dokumen dan pelaksanaan kegiatannya, membangun dokumentasi informasi perencanaan, serta mekanisme pelaporan. Perihal perawatan arsip OPD, ia merasa perlu MOU antara OPD yang akan menyerahkan arsip tersebut dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan.

Adapun beberapa catatan dari hasil rapat dengar hari ini di antaranya; refokusing anggaran yang tertinggal kurang lebih sebanyak 40%, kegiatan perpustakaan di Dinas Arsii dan Perpustakaan Kota Semarang masih berjalan namun sesuai dengan protokol kesehatan, akan diselenggarakannya webinar dalam rangka bulan literasi, serta kegiatan arsip khususnya perihal pertanahan (letter c) yang berada di tingkat kelurahan masih kesulitan untuk mendapat izin.

Post Terkait