Rapat Badan Pembentukan Perda BPP DPRD Kota Semarang

Rapat Badan Pembentukan Perda BPP DPRD Kota Semarang

Senin 28/1/19 - Dipimpin oleh Suharsono, dalam rapat hari ini membahas tentang Harmonisasi dan Pemantapan Konsepsi terhadap dua yaitu Raperda tentang Reklame dan Raperda tentang Perubahan Perda Kota Semarang No 14 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Semarang Tahun 2011-2031. Jajaran OPD yang hadir diantaranya Inspektorat, Dinas Pertanian, DPMPTSP, Bapenda, BPKAD, Bappeda, Dinas Tata Ruang dan bagian hukum serta tim konsultan.

Beberapa pertimbangan dengan rencana perubahan Perda reklame ini diantaranya karena evaluasi pendapatan pajak reklame, yang berkurang cukup besar karena sesuai dj Perda hanya reklame berijin saja yg dikenai pajak, selain itu juga perlunya penataan reklame yang lebih baik, dari Bagian Hukum memaparkan perubahan baik berupa penambahan maupun pengurangan dari Perda Reklame yang sudah disahkan tahun 2017 ini.

Agenda kedua yaitu pembahasan usulan perubahan terhadap Perda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Semarang Tahun 2011-2031, berdasarkan Edaran dari Presiden terkait Program nawacita yang belum terakomodir di kota/kabupaten sehingga masing - masing daerah untuk mensinkronkan dan evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah dengan memasukan program nasional sesuai Nawacita. Disamoing itu juga adanya perubahan fungsi lahan, contohnya saja beberapa wilayah masih terdaftar sebagai persawahan padahal sudah jadi kawasan permukiman, alasan utama lain yaitu adanya perbedaan batas dan luas wilayah dengan Kabupaten sekitar sesuai dengan Permendagri.

 

 

Post Terkait