Pansus Raperda Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan RTBL

Pansus Raperda Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan RTBL

Pansus Raperda Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL)

Rapat Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Semarang mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Situs Kota Lama diselenggarakan di Ruang Serbaguna 2 DPRD Kota Semarang Selasa (19/11). Rapat dipimpin oleh Anggota Pansus RTBL DPRD Kota Semarang Danur Rispriyanto dan dihadiri oleh Anggota Pansus lainnya Nunung Sriyanto, Joko Santoso, Febriyansyah Gumilang, Erry Sadewo dan Abdul Wahab, serta Hadir pula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Bagian Hukum, Bappeda, Distaru, Disbudpar, Satpol PP, Dishub, DPU, dan Konsultan.

Intan salah Perwakilan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Semarang mengatakan bahwa bangunanan cagar budaya atau monumental yang mempunyai nilai sejarah tidak boleh dikurangi massanya. Selain itu diatur dalam pasal Raperda Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Situs Kota Lama bahwa setiap orang dilarang melakukan perusakan terhadap bangunan dan setiap pemilik dilarang menelantarkan bangunannya, jika beralasan karena pajak maka sudah diberikan solusinya dengan pemberian diskon 50% pajak PBB sehingga sisa dari uang tersebut dapat digunakan untuk pemeliharaan. Apabila melakukan renovasi terhadap bangunan pun harus disesuaikan dengan keadaan bangunan, tidak merubah bentuk, dan tidak dikuno-kunokan karena menyalahi kaidah yang sudah ditentukan.

Setelah rapat, dilakukan kunjungan lapangan di Kota Lama yang dipimpin langsung oleh Ketua Pansus DPRD Kota Semarang, Suharsono. Tinjauan lapangan dimulai dari Spiegel, Gedung Marba, ex Indische Llyod, Jalan Sendowo, Gedung PPI, dan Gedung Out De Trap. Tujuan kunjungan ini untuk mengetahui daerah-daerah zona inti dan zona pendukung, kemudian melihat wilayah-wilayah mana yang memerlukan perbaikan. Dari kunjungan lapangan tersebut ada hal lain yang perlu diperbaiki yaitu pemasangan rambu lalu lintas dan papan informasi, karena selama ini banyak pengunjung belum mengetahui lokasi fasilitas-fasilitas umum di Kota Lama yang sudah tersedia.

Post Terkait