Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman hadir dalam Dialog Interaktif dengan tema Media dan Tanggung jawab mengangkat kekuatan kearifan lokal

Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman hadir dalam Dialog Interaktif dengan tema Media dan Tanggung jawab mengangkat kekuatan kearifan lokal

Bertepatan dengan Hari Pers Nasional, Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman hadir dalam Dialog Interaktif bersama PWI Jawa Tengah Senin (10/02) di Gedung Pers kantor PWI Jawa Tengah. Program "Dialog Publik Mugas Center" ini dengan tema "Media dan Tanggung jawab mengangkat kekuatan kearifan lokal". Hadir juga sebagai narasumber Ketua PWI Jateng Amir Machmud, Ketua SMSI Jateng Setiawan H. Kelana dan praktisi hukum Dewang Purnama.
Perihal tanggung jawab, Amir Machmud selaku Ketua PWI mengatakan bagaimana pemahaman atau etika wartawan mengangkat hal-hal yang bersifat lokal sebagai bagian pemerintahan yang menginspirasi dan menjadi teladan. Dalam era baru yang serba digital ini keberadaan pers harus diimbangi dengan profesionalisme dan kompetensi wartawan yg harus ditingkatkan.

Ketua SMSI Jateng Setiawan H. Kelana Menambahkan bahwa membuat web di zaman sekarang sangat mudah dan murah sehingga mulai bermunculan media elektronik yang baru diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam penyebaran informasi, utamanya informasi tentang pembangunan kota. Ia berharap para pemilik perusahaan media dapat segera berbadan hukum dengan memperhatikan tahapan prosedur dalam mendirikan media sesuai peraturan perundang-undangan, agar media online bisa diakui secara hukum baik di kominfo atau di dewan pers. Dewang Purnama mengungkapkan wartawan merupakan salah satu ujung tombak sebagai penyampai informasi. Sehingga wartawan juga sangat berhati-hati dalam memberitakan suatu kejadian. Banyaknya kekerasan terhadap wartawan saat ini memang masih bisa ditangani, namun untuk menghindari adanya ancaman-ancaman dalam bertugas, wartwan harus tetap berpegang pada kode etiknya, karena hal tersebut telah diatur dalam undang-undang ketika melakukan peliputan.

Kadar Lusman memberikan apresiasi kepada pers kota Semarang karena peran pers sangat dibutuhkan terutama dalam memberitakan keberhasilan pembangunan Kota Semarang. Dengan membuka akses untuk teman-teman pers dapat terjalin komunikasi yang baik. Sehingga media pers dapat memberikan berita-berita yang positif tanpa dikurangi ataupun ditambahi. Harapannya di Hari Pers ini seluruh media dapat bersama-sama membangun hubungan yang harmonis.

Post Terkait